ICT for Education: Manfaat, dampak positif, dan negatif ICT di bidang pedidikan

Gambar terkait





ICT telah menjadi pengalihan buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya konvensional. Namun, ICT juga memiliki dampak positif dan negatif terhadap kehidupan, salah satunya di bidang pendidikan. Namun sebelum itu, saya akan menjelaskan manfaat ICT. 


  • MANFAAT ICT DI BIDANG PENDIDIKAN

menurut UNESCO (2013),  ada 5 manfaat dari penerapan ICT di bidang pendidikan, yaitu: 

- mempermudah dan memperluas akses dalam pendidikan
- meningkatkan kesetaraan pendidikan (equity in education)
- meningkatkan mutu pembelajaran (the delivery of quality learning and teaching)
- meningkatkan profesionalisme guru (teachers' professional development)
- meningkatkan efektifitas dan efisiensi managemen, tata kelola, dan administrasi pendidikan.

ada juga situs yang mengutarakan pendapatnya tentang manfaat penggunaan ICT dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran, yaitu: 

- meningkatkan kualitas pembelajaran
- memperluas akses terhadap pendidikan dan pembelajaran
- membantu memvisualisasikan ide-ide abstrak
- mempermudah pemahaman materi yang sedang di pelajari
- menampilkan materi pembelajaran menjadi lebih menarik

manfaat ICT juga dapat di lihat dari beberapa aspek, yaitu: 

1. Kurikulum dan konten 

ICT dapat digunakan untuk, pengelolaan data, sebagai alat komunikasi antar institusi pendidikan, pusat pengembangan materi ajar, media pengembangan kurikulum dan sebagai komunitas perbandingan kompetensi.

2. fasilitas dan sarana prasarana

ICT
di sekolah dapat merupakan internet, perpustakaan digital, laboratorium multimedia, dan lainnya.

3. sumber daya manusia

penguasaan dan pemanfaatan ICT untuk kepentingan pembelajaran merupakan salah satu standar kompetensi guru sekolah dasar.

4. administrasi lembaga pendidikan

administrasi lembaga pendidikan merupakan salah satu lini pendidikan yang sangat terbantu dengan kehadiran ICT. Semua ini karena fasilitas yang disediakan ICT meliliki beberapa fitur untuk membantu masalah administrasi.

5. manajemen dan kebijakan lembaga pendidikan

lembaga pendidikan perlu mengembangkan sistem informasi manajemen sekolah, sistem penunjang keputusan, sistem informasi manajemen berbasis sekolah dan lainnya. dari berbagai sistem yang dikembangkan dapat diperoleh informasi secara akurat dan terkini. sebagai dasar manajemen sekolah dapat mengambil kebijakan sekolah.

Untuk dapat memanfaatkan ICT dalam memperbaiki mutu pembelajaran, ada tiga persyaratan yang harus di penuhi, yaitu:

- Siswa dan guru harus memiliki akses kepada teknologi digital dan internet dalam kelas dan sekolah, sehingga siswa dan guru dapat memanfaatkan akses internet untuk mendukung proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
- Harus tersedia materi yang berkualitas, bermakna dan dukungan kultural bagi siswa dan guru, sehingga siswa dan guru dapat berkolaborasi secara baik dalam proses pembelajaran.
- Guru harus mempunyai kompetensi (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) dalam menggunakan alat atau sumber digital atau internet untuk membantu siswa mencapai standar akademik, sehingga peran guru dapat berjalan sesuai yang di harapkan.


DAMPAK POSITIF ICT DI BIDANG PENDIDIKAN


TIK


Teknologi informasi seakan telah menjadi pengalih fasihan buku, dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvnsional. ICT menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang. namun, ICT juga memiliki dampak postif dan negatif terhadap kehidupan salah satunya dibidang pendidikan.

berikut adalah dampak positif dari ICT dalam bidang pendidikan, yaitu:

- informasi yang di butuhkan semakin cepat dan mudah diakses untuk kepentingan pendidikan.
- inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang denanadanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan .
- diskusi online
- perpustakaan online
- ICT sebagai sistem pendukung keputusan dalam dunia pendidikan, dan lainnya.


DAMPAK NEGATIF ICT DI BIDANG PENDIDIKAN


 internetsehat-copy


- kemajuan ICT akan semakin memudahkan pelanggaran Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)
- tes program kerahasiaan semakin terancam karena dapat di akses melalui compact disk
- penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak pidana
- tidak menjadikan ICT sebagai sarana satu-satunya dalam media pembelajaran
- kurang komunikasi dengan sesama



check out the next article media pembelajaran dan peran ICT
                                        apa itu ICT for education?

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer